RINGKASAN MATERI REMAJA DAN PERKEMBANGANNYA



BAB 2
REMAJA DAN PERKEMBANGANNYA

2.1DEFINISI REMAJA
            Remaja dalam bahasa arslinya disebut “adolescence”, berasal dari bahasa latin “adolescere”yang artinya “tumbuh” atau “tumbuh untuk mencapai kematangan”. Istilah adolescence sesungguhnya memiliki arti yang luas, mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan politik. Jadi remaja adalah suatu proses dimana seseorang mencari jati dirinya yang berada diantara fase anak-anak dan dewasa.
2.2 TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN MASA REMAJA
Adapun tugas-tugas perkembangan masa remaja adalah:
1. Berusaha mampu menerima keadaan fisiknya.
2. Berusaha mampu menerima dan memahami peran seks (peran jenis kelaminnya) usia dewasa.
3. Brusaha mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis.
4. Berusaha mencapai kemandirian emosional.
5. Berusaha mencapai kemandirian ekonomi.
6. Berusaha mengembangkan konsep dan keterampilan-keterampilan intelektual yang sangat dibutuhkan untuk melakukan peran sebagai anggota masyarakat.
7. Berusaha memahami dan menginternalisasikan nilai-nilai orang dewasa dan orang tua.
8. Berusaha mengembangkan perilaku penuh tanggung jawab sosial yang diperlukan untuk memasuki dunia dewasa.
9. Berusaha mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang perkawinan.
10. Berusaha memahami dan mempersiapkan berbagai tanggung jawab kehidupan keluarga.
2.3 DEFINISI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
            Pertumbuhan adalah proses perubahan fisiologis yang bersifat progesif dan kontinyu serta berlangsung pada periode tertentu. Sebagai hasil pertumbuhan adalah bertambahnya berat badan, tulang, dan otot-otot menjadi kuat, lingkar tubuh menjadi lebih besar, dan organ tubuh menjadi lebih sempurna.
            Sedangkan perkembangan lebih mengacu pada perkembangan karakteristik, yaitu perkembangan sebagai suatu proses perubahan yang bersifat progresif dan menyebabkan tercapainya kemampuan dan karakteristik psikis yang baru.
2.4 HUKUM-HUKUM PERKEMBANGAN
Hukum perkembangan adalah prinsip-prinsip yang mendasari perkembangan fisik maupun psikis individu. Diantara hukum-hukum perkembangan yang sudah banyak dikenal dalam hasanah psikologi perkembangan adalah:
1. Hukum Tempo Perkembangan
Hukum tempo perkembangan adalah berlangsungnya perkembangan individu yang satu tidak sama waktu cepat atau lambatnya dengan individu lain.
2. Hukum Irama Perkembangan
Hukum irama perkembangan mengatakan bahwa berlangsungnya perkembangan individu itu tidak dengan irama yang konstan
3. Hukum Rekapitulasi
Hukum Rekapitulasi berpendapat bahwa perkembangan psikis individu itu merupakan pengulangan urut-urutan tingkah laku dari perkembangan nenek moyang satu bangsa.
            Berdasarkan hukum rekapitulasi ini, perkembangan individu dapat digolongkan kedalam beberapa fase yang dalam bentuk konkritnya dapat dilihat dari permainan mereka. Adapun fase-fase perkembangan itu adalah:
a. Fase berburu dan meramun
b. Fase beternak
c. Fase bertani atau bercocok tanam
d. Fase berdagang
e. Fase industry
4. Hukum Masa Peka
   Suatu masa perkembangan sangat baik atau sangat sensitif sehingga sangat mudah untuk merespon stimulus yang datang pada dirinya.
5. Hukum Trotzalter
Hukum trozalter berpendapat bahwa perkembangan idividu itu tidak selalu berlangsung dengan tenang dan teratur, tetapi pada masa-masa tertentu terjadi suatu goncangan yang membawa perubahan secara radikal.
6. Hukum Masa Eksploratif
Perkembangan individu itu merupakan proses yang berlangsung sebagai suatu penjelajahan dan penemuan pada individu yang bersangkutan.
7. Hukum Pertahanan Diri
Suatu respon dalam bentuk sikap atau perilaku individu yang dimunculkan ketika dirinya merasa mendapat stimulus yang tidak sesuai atau tidak menyenangkan.
8. Hukum Pengembangan Diri
Hukum ini berpandangan bahwa sesungguhnya setiap individu memiliki dorongan alamiah untuk mengembangkan potensi-potensi yang di miliki.

2.5 KARAKTERISTIK UMUM PERKEMBANGAN REMAJA
Sikap-sikap yang sering ditunjukan oleh remaja yaitu:
1. Kegelisahan
Masa remaja masa dimana kita mengenal berbagai impian dimasa depan dan berusaha mencapai impian tersebut. Namun dimasa ini juga remaja bingung karena meraka terlalu tinggi impiannya dibandingkan dengan kemampuannya sehingga remaja tersebut timbul rasa gelisah.
2. Pertentangan
Masalah yang timbul bagi remaja selanjutnya adalah rasa ingin melepaskan diri dari lingkungan keluarga namun terjadi pertentangan diri sendiri untuk tetap dekat dengan keluarga karena merasa lebih aman. Akibatnya remaja tersebut menimbulkan rasa kebingungan.
3. Menghayal
Keinginan sebagian remaja adalah untuk menjelajah atau berpergian jauh namun tentu memiliki masalah baru yaitu uang atau biaya perjalan. Bagi remaja yang tidak mempunyai uang untuk berpergian akan menimbulkan remaja tersebut menghayal.
4. Aktivitas Kelompok
Berkelompok merupakan cara remaja untuk mengekspresikan diri mereka lewat temannya. Terkadang remaja mempunyai masalah dirumah namun bingung untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sehingga remaja tersebut memilih untuk pergi kumpul bersama temannya untuk menyelesaikan masalah ataupun menghibur diri.
5. Keinginan Mencoba Sesuatu
Masa remaja merupakan masa krusial karena dimasa ini remaja memiliki rasa ingin tau yang tinggi. Biasanya remaja lebih suka meniru orang-orang dewasa atau temannya sendiri. Jadi tidak heran banyak remaja yang sembuny-sembunyi hanya untuk sekedar merokok.

Sekian ringkasan materi tentang remaja dan perkembanganya, selalu kunjungi blog saya untuk lebih update materi selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batuan

Zat pencemaran gas